Mengupas Isu Kebocoran Keuangan Negara yang Diributkan Prabowo

Menjelang Pemilu, banyak isu yang diungkap oleh berbagai pihak. Salah satu isu yang dibicarakan adalah kebocoran keuangan negara oleh calon presiden nomor urut 02 Prabowo Subianto.

Dia menilai selama ini satu masalah yang dihadapi Indonesia adalah kekayaan negara yang banyak mengalir ke negara lain. Ini dia sampaikan pada Debat Calon Presiden (Capres) yang berlangsung di Jakarta, Sabtu (30/3) lalu.

“Masalah bangsa ini, kekayaan kita tidak tinggal di Indonesia,” kata dia.

Dia menilai meski Indonesia memiliki satu sistem yang hebat namun jika tidak ada political will untuk mengubah misalkan arah orientasi sistem ekonomi, maka percuma.

Dia menegaskan jika pemerintah harus mengutamakan tujuan dengan jelas. Sebab meski memiliki teknologi dan sistem hardware tapi bila pemerintah tak memiliki tujuan yang jelas maka sia-sia.

“Boleh ada Teknologi Informasi, sistem punya kartu banyak sekali, indah seolah modern, indah, seolah cepat. Kalau cepat, kalau kekayaan kita mengalir ke luar negeri. Pakai teknologi ramah tapi kekayaan Indonesia tidak keluar tapi masuk ke Indonesia,” tegas dia.

Berikut penjelasan dan pro kontra mengenai isu kebocoran keuangan negara.